Muhammad Zaki, 190705063 (2025) Gamifikasi Mata Kuliah Jaringan Komputer Berbasis Moodle. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas tentang gamifikasi mata kuliah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Zaki, 190705063, FST, TI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of Membahas tentang gamifikasi mata kuliah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Penggunaan gamifikasi dalam pendidikan telah terbukti sebagai salah satu pendekatan efektif untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi penerapan elemen gamifikasi dalam mata kuliah Jaringan Komputer yang menggunakan platform e-learning Moodle. Elemen gamifikasi yang diimplementasikan meliputi poin, level, lencana, dan papan peringkat yang dirancang untuk memotivasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen semu. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengevaluasi pencapaian hasil belajar, serta kuesioner untuk mengukur tingkat motivasi dan keterlibatan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi secara signifikan meningkatkan motivasi mahasiswa dan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar mereka. Selain itu, mahasiswa melaporkan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif melalui elemen-elemen gamifikasi yang diterapkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi gamifikasi dalam pembelajaran berbasis Moodle dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Jaringan Komputer. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut mencakup penyesuaian elemen gamifikasi dengan karakteristik mata kuliah lain dan evaluasi dampaknya dalam jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Muhammad Zaki |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 05:48 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 05:48 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43546 |