Analisis Halal Value Chain Dan Perspektif Kesadaran Masyarakat Muslim Terhadap Makanan Halal (Studi Pada Produk UMKM di Kota Banda Aceh)

Diky Satrya Putra, 170602077 (2024) Analisis Halal Value Chain Dan Perspektif Kesadaran Masyarakat Muslim Terhadap Makanan Halal (Studi Pada Produk UMKM di Kota Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Halal Value Chain, UMKM Makanan Halal, Kesadaran Masyarakat Muslim] Text (Halal Value Chain, UMKM Makanan Halal, Kesadaran Masyarakat Muslim)
Diky Satrya Putra, 170602077, FEBI, ES, 081273018799.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Halal Value Chain, UMKM Makanan Halal, Kesadaran Masyarakat Muslim] Text (Halal Value Chain, UMKM Makanan Halal, Kesadaran Masyarakat Muslim)
Diky Satrya Putra, 170602077, FEBI, ES.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kota Banda Aceh merupakan kota yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Sehingga, industri halal sangat menjadi prioritas di kota ini, salah satunya yaitu industri makanan halal. UMKM makanan halal menjadi sangat penting untuk menjaga rantai nilai halalnya demi menjaga kepercayan konsumen muslim dalam mengonsumsi produknya. Sehingga, penelitian ini fokus kepada upaya UMKM menjaga ekosistem halal melalui halal value chain dalam meningkatkan kepercayaan konsumen muslim di Kota Banda Aceh, serta tingkat kesadaran konsumen muslim dalam mengonsumsi produk yang dikonsumsinya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui penelitian lapangan, dengan tahap seperti mengobservasi dan wawancara. Informan yang diwawancarai dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 10 orang, yaitu para pemilik UMKM dan konsumen muslim Kota Banda Aceh. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa para pemilik UMKM makanan halal di Kota Banda Aceh melakukan upaya menjaga rantai nilai halal produknya dengan cara memperhatikan proses produksi, distribusi dan pemasaran demi menciptakan kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap produknya. Kemudian, kesadaran masyarakat muslim terhadap makanan halal juga diperhatikan melalui adanya sertifikasi halal atas produk yang dikonsumsi, bahan baku yang digunakan terjamin kehalalannya, serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya > 2X4.91 Makanan dan Minuman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Diky Satrya Putra
Date Deposited: 24 Feb 2025 08:02
Last Modified: 24 Feb 2025 08:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43565

Actions (login required)

View Item
View Item