Ira Maulina, 201325071 (2020) Implementatasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Implementatasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar, 6 (2): 25. pp. 1-25.
![[thumbnail of Implementatasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
jurnal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Permasalahan pendidikan khususnya dalam pembelajaran adalah rendahnya mutu/kualitas, relevansi, dan efisiensi pembelajaran sehingga daya tanggap dan tangkap peserta didik sengat rendah. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang mampu membuat peserta didik kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, yaitu dengan menerapkan Contextual Teaching And Learning (CTL). Tulisan ini dimaksudkan untuk mengemukakan tentang konsepsi implementatif model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Pembelajaran kontekstual adalah suatu konsep tentang pembelajaran yang membantu pendidik untuk menghubungkan isi bahan ajar dengan situasi-situasi dunia nyata serta penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga negara, dan pekerja serta terlibat aktif dalam kegiatan belajar yang dituntut dalam pelajaran. Pendekatan kontekstual (CTL) perlu diterapkan mengingat sejauh ini pendidikan masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Dalam hal ini fungsi dan peranan guru masih dominan sehingga siswa menjadi pasif dan tidak kreatif. Melalui pendekatan kontekstual ini siswa diharapkan belajar dengan cara mengalami sendiri bukan menghafal. CTL menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi artinya proses pengalaman secara langsung, dan tidak mengharapkan agar siswa hanya menerima pelajaran, akan tetapi proses mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran. CTL juga dapat mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan, artinya CTL bukan hanya mengharapkan siswa dapat memahami materi yang dipelajarinya, akan tetapi bagaimana materi itu dapat mewarnai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ira Maulina |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 08:16 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 08:16 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43571 |