Kualitas Hafalan Al-Qur’an 2 juz Pada Program Satu Tahun Di SMPIT Bagi Siswa Abqari Kota Subulussalam

Afrianti, 200303107 (2025) Kualitas Hafalan Al-Qur’an 2 juz Pada Program Satu Tahun Di SMPIT Bagi Siswa Abqari Kota Subulussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kualitas Hafalan Al-Qur’an 2 juz Pada Program Satu   	Tahun Di SMPIT Bagi Siswa Abqari Kota Subulussalam] Text (Kualitas Hafalan Al-Qur’an 2 juz Pada Program Satu Tahun Di SMPIT Bagi Siswa Abqari Kota Subulussalam)
Afrianti, 200303107, FUF, IAT - Cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Kualitas Hafalan Al-Qur’an 2 juz Pada Program Satu   	Tahun Di SMPIT Bagi Siswa Abqari Kota Subulussalam] Text (Kualitas Hafalan Al-Qur’an 2 juz Pada Program Satu Tahun Di SMPIT Bagi Siswa Abqari Kota Subulussalam)
Afrianti, 200303107, FUF, IAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

SMPIT Abqari merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berkonsentrasi untuk meningkatkan kecintaan anak kepada Al-Qur’an yakni program Tahfidzul Qur’an. Program Tahfidzul Qur’an ini mampu mencetak siswa dengan hafalan berkualitas dari segi fashahah, tajwid, tartil dan bacaannya lancar. Dengan adanya lembaga pendidikan yang unggul, sebagai bukti prestasi kejuaraan yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas Al-Qur'an 2 juz pada program satu tahun di SMPIT Abqari Kota Subulussalam. Dalam konteks ini, kualitas hafalan diartikan sebagai kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur'an dengan baik, yang mencakup ketepatan bacaan, penguasaan tajwid, dan kemampuan menjaga kepastian dari sifat terlupakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena dan keadaan terkini mengenai proses menghafal Al-Qur'an di kalangan siswa . Penelitian ini melibatkan siswa kelas IX yang mengikuti program tafidz Al-Qur'an, dengan fokus pada kendala yang dihadapi dan upaya guru dalam menerapkan metode pengajaran. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa semua siswa di SMPIT Abqari mampu mencapai target 2 juz dalam satu tahun, meskipun ada beberapa siswa yang kualitasnya masih kurang dikategorikan. Siswa yang berjumlah 15 siswa, yang tidak mencapai target hanya 3 siswa.Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas hafalan siswa berbeda-beda sesuai dengan kemampuannya masing-masing serta dengan kesabaran, ketekunan, dan ketepatan guru merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas hafalan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang proses dan kualitas Al-Qur'an di SMPIT Abqari, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan metode pengajaran di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Afrianti Afrianti
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:25
Last Modified: 25 Feb 2025 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43581

Actions (login required)

View Item
View Item