Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Siti Shali Zuana, 190205085 (2024) Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang kemampuan matematis siswa] Text (membahas tentang kemampuan matematis siswa)
SKRIPSI Siti Shali Zuana_190205085.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of membahas tentang kemampuan komunikasi matematis siswa] Text (membahas tentang kemampuan komunikasi matematis siswa)
SKRIPSI BAB 1 Siti Shali Zuana_190205085.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan komunikasi matematis. Komunikasi matematis dalam pembelajaran harus dikembangkan, siswa harus mampu mengomunikasikan pemahaman mereka kepada siswa lainnya melalui kegiatan kelompok dan diskusi. Kenyataannya siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis yang masih tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran dengan menggunakan model The Learning Cell cenderung membuat siswa lebih aktif karena mendapatkan perannya masing-masing, yaitu satu orang berperan menjadi tutor dan yang satunya lagi berperan sebagai siswa, dan kegiatan tersebut dilakukan secara bergantian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran The Learning Cell. Penelitian ini menggunakan jenis Pre-Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh dengan pemilihan sampel menggunakan random sampling, dari 4 kelas terpilih satu kelas eksperimen yaitu kelas VIII-4. Dengan menggunakan uji-t berpasangan diperoleh. bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 4,84>1,71 yang berarti terima H_1 dan tolak H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran The Learning Cell.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Shali Zuana
Date Deposited: 25 Feb 2025 08:05
Last Modified: 25 Feb 2025 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43608

Actions (login required)

View Item
View Item