Penerapan Model Learning Start With a Question untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pembelajaran Tematik MIN 9 Banda Aceh

Fatimah, 170209062 (2024) Penerapan Model Learning Start With a Question untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pembelajaran Tematik MIN 9 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran] Text (Membahas tentang model pembelajaran)
Fatimah(170209062)FTK PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran] Text (Membahas tentang model pembelajaran)
Fatimah(170209062)FTK PGMI - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan terkait dengan adanya ketidakaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pada pembelajaran tematik. Hal ini dikarenakan guru menerapkan model pembelajaran yang monoton, sehingga siswa hanya menjadi pendengar saja dan siswa tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru, yang berdampak terhadap rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas guru dan siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pa pembelajaran tematik dengan menerapkan model learning start with a question di kelas III MIN 9 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Aktivitas siswa melalui penerapan Learning Start With a Question pada pembelajaran Tematik di kelas III MIN 9 Banda Aceh pada siklus I 80%. Sementara pada siklus II dengan nilai persentase 93,7% dengan katagori sangat baik sekali. 2) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan model Learning Start With a Question pada pembelajaran Tematik di kelas III MIN 9 Banda Aceh pada siklus I dengan nilai persentase 87,5% dan siklus II 96,3% dengan kategori sangat baik. 3) Hasil belajar siswa melalui penerapan model Learning Start With a Question pada pembelajaran Tematik di kelas III MIN 9 Banda Aceh pada siklus I ketuntasan belajar sebesar 67,5% dan siklus II ketuntasan sebesar 92,5% dan sudah memenuhi ketuntasan secara klasikal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fatimah Fatimah
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:03
Last Modified: 27 Feb 2025 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43621

Actions (login required)

View Item
View Item