Khairun Nisa, 190205091 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Khairun Nisa, 190205091, FTK, PMA, 082217614194.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
![[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Khairun Nisa, 190205091, FTK, PMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran Group Investigation yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII-2 SMP Negeri 23 Takengon. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan (Action Research) yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa di kelas VII-2 SMP Negeri 23 Takengon dan dipilih 6 siswa sebagai informan. Penerapan model pembelajaran Group Investigation melalui 6 fase, yaitu (1) fase identifikasi topik dan kelompok, peneliti bersama siswa mengidentifikasi topik yang akan dipelajari, kemudian siswa dibagi ke dalam kelompok kecil berdasarkan topik yang sama. (2) fase perencanaan investigasi, setiap kelompok merencanakan langkah-langkah investigasi mereka. (3) fase pelaksanaan investigasi, peneliti mengawasi dan mengarahkan siswa, siswa mulai mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. (4) fase penyusunan laporan investigasi, peneliti mengarahkan siswa untuk menyusun laporan yang berisi penjelasan dan hasil investigasi kelompok. (5) fase presentasi, setiap kelompok mempresentasikan hasil laporan mereka. (6) fase evaluasi, siswa memberikan tanggapan atau pertanyaan kepada kelompok laim, peneliti dan siswa bersama-sama melakukan refleksi dan evaluasi terhadap proses serta hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, siswa masih kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar dan presentasi hasil diskusi, sedangkan pada siklus II, siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan bekerja sama serta lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Model pembelajaran ini juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kolaboratif, yang membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi aritmatika sosial di kelas VII-2 SMP Negeri 23 Takengon dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Khairun Nisa |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 08:34 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 08:34 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43631 |