Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Kastolan

Ropni, 190205088 (2025) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Kastolan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pembelajaran] Text (Membahas tentang pembelajaran)
Ropni, 190205088, FTK, PMA, 082370788860.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[thumbnail of Membahas tentang pembelajaran] Text (Membahas tentang pembelajaran)
Ropni, 190205088, FTK, PMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VII-4 MTsN 1 Aceh Besar dalam menyelesaikan soal perbandingan pada mata pelajaran matematika berdasarkan Teori Kastolan serta mengidentifikasi hambatan belajarnya. Teori Kastolan dikelompokkan menjadi tiga yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui pemberian tes soal perbandingan yang terdiri dari 2 soal terhadap siswa kelas VII-4 MTsN 1 Aceh Besar. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang dilihat berdasarkan kemampuan siswa yang berada pada kategori tinggi, sedang dan rendah. Masing-masing kategori dipilih 2 subjek untuk diwawancara. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesalahan dalam memahami konsep dasar perbandingan dan dalam menerapkan rumus yang sesuai. Kesalahan konseptual dilakukan sebesar 60% yang disebabkan karena ketidakpahaman terhadap maksud dari soal yang berbentuk cerita sehingga tidak dapat menentukan bahwa soal tersebut merupakan perbandingan senilai atau berbalik nilai, kesalahan prosedural dilakukan sebesar 44% yang disebabkan siswa tidak mengaplikasikan penyelesaian dengan benar, dan kesalahan teknik dilakukan 20% yang disebabkan kurangnya ketelitian siswa dalam menyelesaikan soal matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ropni Ropni
Date Deposited: 27 Feb 2025 08:38
Last Modified: 27 Feb 2025 08:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43632

Actions (login required)

View Item
View Item