Desty ayu, 200201060 (2024) Analisis butir soal pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN 3 tanjung pura. Alacrity : Journal Of Education, 4 (3). pp. 140-151. ISSN 2775-4138
![[thumbnail of Evaluasi, analisis butir soal, program anates]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
200201060 desty ayu.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (405kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas soal ujian
semester genap mata pelajaran PAI kelas 5 di SDN 3 Tanjung Pura dari
segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan
efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dilakukan dengan teknik
dokumentasi berupa dokumen 51 lembar jawaban peserta didik dan
instrumen soal yang berjumlah 40 soal yang terdiri dari 25 soal pilihan
ganda, 10 soal isian dan 5 soal uraian. Soal ujian semester genap mata
pelajaran PAI dianalisis dengan menggunakan bantuan software
anates versi 4. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 butir
soal berkualitas sangat baik, 6 butir soal berkualitas baik, 7 butir soal
berkualitas kurang baik, dan 5 butir soal dengan kualitas tidak baik.
Berdasarkan validitas soal menunjukkan bahwa instrumen soal
termasuk kategori cukup. Sehingga dinyatakan cukup valid. Hal ini
dibuktikan dengan indeks validitas sebesar 0,52 yang termasuk
kategori cukup. Berdasarkan reliabilitas menunjukkan bahwa
instrumen soal termasuk kategori tinggi dan instrumen dinyatakan
reliabel. Hal ini dibuktikan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,69
yang termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Depositing User: | Desty Ayu |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:53 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:53 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43635 |