Aan Nasrullah, 200202040 (2024) Analisis Tingkat Kognitif Pada Soal Ujian Akhir Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ulumul Quran Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Analisis Tingkat Kognitif Pada Soal Ujian Akhir Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ulumul Quran Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aan Nasrullah, 200202040(2025) cover - bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Analisis Tingkat Kognitif Pada Soal Ujian Akhir Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ulumul Quran Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aan Nasrullah, 200202040 (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Analisis soal merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kekurangan pada tes hasil belajar.Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi soal baik, soal jelek, dan permasalahan yang disajikan di dalamnya. Analisis ini menghasilkan informasi tentang masalah yang dimaksud dan bukti untuk memperbaikinya. Analisis tingkat kognitif merupakan salah satu jenis analisis pertanyaan, analisis ini bertujuan untuk mengungkap kombinasi tingkat kognitif yang terdapat dalam pertanyaan. Peneliti mengetahui bahwa analisis ini jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kombinasi nilai pengetahuan yang dijamin pada soal-soal ujian akhir pelajaran bahasa Arab di Madrasah Ulumul Quran Banda Aceh. Metode penelitian yang peneliti andalkan adalah metode deskriptif analitis. Sampel penelitian ini adalah soal-soal ujian akhir pelajaran bahasa Arab yang berjumlah 20 soal. Hasil dari penelitian ini adalah persentase jaminan nilai kognitif pada soal-soal ujian akhir pelajaran bahasa Arab di Sekolah Ilmu Al-Qur'an Banda Aceh adalah: C1 sebesar 15%, C2 sebesar 60%, C3 sebesar 25 %, C4 0%, C5 0%, dan C6 0%. Hasil tersebut belum memenuhi persentase soal yang mendukung pencapaian kompetensi, yaitu 30% untuk tingkat kognitif C1 dan C2, 40% untuk tingkat kognitif C3 dan C4, serta 30% untuk tingkat kognitif C5 dan C6.
Kata kunci: Analisis, Tingkat kognitif, Ujian akhir
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Nasrullah |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:56 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43662 |