Husnul Khaira, 180209085 (2025) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga Tangga Pintar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas I MIN 5 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga Tangga Pintar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas I MIN 5 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
husnul khaira - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga Tangga Pintar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas I MIN 5 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
husnul khaira.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Matematika merupakan sebuah ilmu pasti yang menjadi dasar dari ilmu lain, sehingga matematika itu saling berkaitan dengan ilmu lainnya serta sering membuat siswa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran yang terjadi di Kelas I MIN 5 Aceh Besar guru hanya memberikan metode ceramah sehingga hasil belajar siswa berada sibawah KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan penggunaan alat peraga tangga pintar dengan siswa berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan soal tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 71,05% dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 94% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 70% dengan kategori cukup sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 60% dengan kategori cukup sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 85% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga tangga pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MIN 5 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Husnul Khaira |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 13:49 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 13:49 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43807 |