Penggunaan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh

Ifra Rizqiya, 180213038 (2025) Penggunaan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh] Text (Penggunaan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh)
Ifra Rizqiya, 180213038, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Penggunaan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh] Text (Penggunaan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh)
Ifra Rizqiya, 180213038, FTK, BK - Cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan layanan informasi dalam meningkatkan pemahaman gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Banda Aceh dengan melibatkan 31 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain One Group Pre-test and Post-test. Data dianalisis menggunakan uji t berpasangan (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman gaya belajar siswa setelah diberikan layanan informasi. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai t hitung sebesar 12.141 dengan nilai signifikansi p = 0.01 (p < 0.05) dan t tabel sebesar 2.042. Nilai rata-rata perbedaan (mean) antara pre-test dan post-test adalah 19.67742. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti penggunaan layanan informasi efektif dalam meningkatkan pemahaman gaya belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, layanan informasi dapat dijadikan salah satu strategi efektif dalam bimbingan dan konseling untuk membantu siswa memahami gaya belajar mereka, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih optimal sesuai dengan preferensi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Gaya Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: fra Rizqiya
Date Deposited: 24 Mar 2025 05:29
Last Modified: 24 Mar 2025 05:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43853

Actions (login required)

View Item
View Item