Penerapan Konseling Behavioral Teknik Self Management Dalam Mengatasi Penyesuaian Diri Siswa Kelas X (Studi Pada SMA Negeri 7 Banda Aceh)

Novrita Tanti, 180213018 (2025) Penerapan Konseling Behavioral Teknik Self Management Dalam Mengatasi Penyesuaian Diri Siswa Kelas X (Studi Pada SMA Negeri 7 Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Konseling Behavioral Teknik Self Management Dalam Mengatasi Penyesuaian Diri Siswa Kelas X (Studi Pada SMA Negeri 7 Banda Aceh)] Text (Penerapan Konseling Behavioral Teknik Self Management Dalam Mengatasi Penyesuaian Diri Siswa Kelas X (Studi Pada SMA Negeri 7 Banda Aceh))
Novrita Tanti, 180213018 (2025) cover- bab 1_compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (817kB)
[thumbnail of Penerapan Konseling Behavioral Teknik Self Management Dalam Mengatasi Penyesuaian Diri Siswa Kelas X (Studi Pada SMA Negeri 7 Banda Aceh)] Text (Penerapan Konseling Behavioral Teknik Self Management Dalam Mengatasi Penyesuaian Diri Siswa Kelas X (Studi Pada SMA Negeri 7 Banda Aceh))
Novrita Tanti, 180213018 (2025)_compressed (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kesulitan siswa kelas X di SMAN 7 Banda Aceh dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, terutama dalam aspek akademik dan sosial. Tekanan akademik yang tinggi dan kesulitan membangun hubungan sosial menjadi tantangan, terutama bagi siswa yang pemalu atau kurang percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling behavioral dengan teknik self-management dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pre-test Post-test di mana kelompok eksperimen diukur terlebih dahulu (pre-test) dan diukur kembali setelah intervensi (post-test). Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPAS 9, dengan sampel sebanyak 6 siswa yang memiliki skor penyesuaian diri rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala Likert dan observasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test, dengan nilai t-hitung 9,000 yang lebih besar dari t-tabel 2,571 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan teknik self-management efektif dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik self-management dapat membantu siswa mengatasi hambatan sosial dan psikologis, serta meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan diri mereka di sekolah.
Kata Kunci: Teknik Self Management, Penyesuaian Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novrita Tanti
Date Deposited: 24 Mar 2025 07:45
Last Modified: 24 Mar 2025 07:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43858

Actions (login required)

View Item
View Item