Mekanisme Pemasaran Produk Tabungan Simpatik pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Sigli

Khalisa, 041200619 (2015) Mekanisme Pemasaran Produk Tabungan Simpatik pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Sigli. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Tabungan]
Preview
Text (Membahas tentang Tabungan)
Khalisa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penyusunan laporan kerja praktik (LKP) ini berdasarkan kegiatan kerja praktik pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Sigli yang beralamat di jalan.Prof. A. Madjid Ibrahim Kp. Asan Kec. Kota Sigli Kab. Pidie, selama satu setengah bulan. Tujuan penulisan laporan kerja praktik untuk mengetahui mekanisme pemasaran yang dilakukan PT. Bank Syariah Mandiri KCP Sigli dalam memasarkan produk tabungan SIMPATIK. Hal ini berguna untuk menambah wawasan sertapengetahuan penulis dengan menyaksikan secara langsung praktik di lapangan.Dari hasil pengamatan penulis lakukan dan sesuai Fatwa DSN Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan, yang menyatakan bahwa Tabungan adalah simpanan dana nasabah yang bersifat likuid, yang berdasarkan dengan prinsip mudharabah dan wadiah. laporan menunjukkan bahwa mekanisme pemasaran yang dilakukan pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Sigli telah sesuai dengan mekanisme pemasaran bank syariah umumnya, yang menerapkan strategi marketing mix, perencanaan, penetapan, dan proses pengembangan dalam memasarkan produk tabungannya. Kesimpulan yang penulis dapatkan pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Sigli, dalam memasarkan produk-produknya bank ini menggunakan beberapa akad yaitu mudharabah muthlaqah, adalah mudarabah yang tidak disertai dengan pembatasan penggunaan dana dari Sahibul Mal, kemudian wadiah adalah titipan,dan yang terakkhir wadiah yad-dhamanahadalah pihak bank dapat mempergunakan dana yang dititipkan, akan tetapi bank bertanggung jawab penuh atas keutuhan dari dana yang dititipkan. Oleh karena itu untuk menambah jumlah nasabah penulis menyarankan agar mengutamakan keperluan dan kepentingan nasabah untuk meningkatkan mutu pelayanan, dan di harapkan agar terus menciptakan Inovasi produk-produk terbaru, Hal ini perlu di lakukan untuk mempertahankan nasabah serta tidak kalah saing dengan produk perbankan lain.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Zaki Fuad Chalil, M.Ag 2.Dr. Hafas Furqani, M. Ec
Uncontrolled Keywords: Bank, Produk Tabungan, Pemasaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 31 Jul 2018 14:05
Last Modified: 31 Jul 2018 14:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4388

Actions (login required)

View Item
View Item