Perilaku Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Aliyah di Kabupaten Pidie, Aceh

Abdullah, 211002011 (2025) Perilaku Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Aliyah di Kabupaten Pidie, Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perilaku Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Aliyah] Text (Perilaku Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Aliyah)
4. DISERTASI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[thumbnail of Perilaku Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Aliyah] Text (Perilaku Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Aliyah)
COVER-BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK

Judul Disertasi : Perilaku Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Aliyah di Kabupaten Pidie, Aceh
Nama Penulis/
NIM : Abdullah/ 211002011
Promotor : Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Ed
Co- Promotor : Dr. Silahuddin, M.Ag
Kata Kunci : Kepemimpinan inovatif, Kepala Madrasah Aliyah, Pidie, Inovasi Pendidikan

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh, penerapan berbagai inovasi menjadi sangat penting. Namun, hingga saat ini, belum ada kajian mendalam yang meneliti perilaku kepemimpinan inovatif Kepala Madrasah Aliyah, khususnya di Kabupaten Pidie. Padahal, kepemimpinan inovatif merupakan faktor kunci dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku kepemimpinan inovatif Kepala Madrasah Aliyah di Kabupaten Pidie, Aceh, dengan fokus pada lima aspek utama: visi strategis, orientasi terhadap pemangku kepentingan, iklim saling percaya, keterbukaan dan komunikasi, serta kerja sama tim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di delapan Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Pidie. Teknik analisis data yaitu mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kepala madrasah mampu merumuskan visi strategis yang jelas dan relevan, meskipun menghadapi tantangan dalam implementasi. Kedua, orientasi terhadap pemangku kepentingan ditunjukkan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, namun masih perlu peningkatan partisipasi aktif. Ketiga, iklim saling percaya yang positif telah tercipta, meski perlu diperkuat untuk menghadapi dinamika organisasi. Keempat, keterbukaan dan komunikasi efektif telah menyelaraskan tujuan dan tindakan, tetapi arus komunikasi masih memerlukan perbaikan. Kelima, kerja sama tim menjadi elemen kunci dalam pencapaian tujuan, dengan dorongan kolaborasi dan sinergi yang baik, meski koordinasi dan distribusi tugas perlu ditingkatkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kepala Madrasah Aliyah di Kabupaten Pidie telah menerapkan pendekatan kepemimpinan inovatif yang mencakup visi strategis, orientasi stakeholder, iklim kepercayaan, komunikasi terbuka, dan kerja sama tim. Pendekatan ini memungkinkan kepala madrasah untuk merespons tantangan pendidikan modern tanpa melepaskan nilai-nilai Islam yang menjadi dasar pendidikan madrasah. Melalui kepemimpinan ini, madrasah mampu menjadi institusi yang adaptif terhadap perubahan sambil tetap menjaga identitas budayanya, sehingga mampu berperan sebagai agen transformasi yang tetap relevan di era globalisasi. Kesimpulan ini juga menggarisbawahi novelty penelitian ini yaitu “Kepemimpinan Inovatif Kontekstual” yang merupakan model perilaku kepemimpinan yang sesuai konteks, yang menghormati tradisi sambil mengadopsi inovasi yang tidak hanya memungkinkan untuk dilakukan, tetapi juga berhasil dalam konteks pendidikan yang berorientasi nilai lokal. Novelty ini memberikan pendekatan baru dalam kepemimpinan pendidikan yang dapat diaplikasikan dalam berbagai konteks global serta mempertegas bahwa fleksibilitas dan adaptasi adalah kunci dalam menghadapi tantangan pendidikan kontemporer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.2 Tata Usaha Sekolah, Putus Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdullah Abdullah
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:02
Last Modified: 25 Mar 2025 07:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43910

Actions (login required)

View Item
View Item