Yunin Zalfak Azzara, 190201094 (2024) Implementasi Story Telling Dalam Meningkatan Motivasi Belajar Agama Pada Siswa MIN 5 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Implementasi Story Telling Dalam Meningkatan Motivasi Belajar Agama Pada Siswa MIN 5 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yunin Zalfak Azzara, 190201094 (2024) Cover- Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Implementasi Story Telling Dalam Meningkatan Motivasi Belajar Agama Pada Siswa MIN 5 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yunin Zalfak Azzara, 190201094 (2024) (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di MIN 5 Aceh Besar menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran belum berjalan secara maksimal. Salah satu penyebabnya kurangnya inovasi (temuan baru) dalam pembelajaran termasuk metode pembelajaran yang digunakan, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Storytelling adalah suatu cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan menuturkan cerita tersebut agar dapat disampaikan pesan- pesan yang baik. Motivasi belajar adalah dorongan yang timbul dari dalam maupun dari luar diri peserta didik yang dapat mempengaruhi keinginnannya untuk belajar, dan suatu usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 5 Aceh Besar yang berjumah 23 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, siswa dan soal. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh untuk meningkatkan implementasi storytelling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,97%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 91,17%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 66,17%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 89,70%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi storytelling dalam meningkatkan motivasi belajar agama pada siswa MIN 5 Aceh Besar berhasil pada kelas V MIN 5 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunin Zalfak Azzara |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 04:52 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 04:52 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43984 |