Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Penumpang Terhadap Loyalitas KMP Aceh Hebat 2

Sasih Sundari, 210802102 (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Penumpang Terhadap Loyalitas KMP Aceh Hebat 2. Other thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kualitas  Pelayanan,  Kepuasan  Penumpang,  Loyalitas  Penumpang, Transportasi Laut] Text (Kualitas Pelayanan, Kepuasan Penumpang, Loyalitas Penumpang, Transportasi Laut)
Sasih Sundari, 210802102, FISIP, IAN, 085277653633.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Kualitas  Pelayanan,  Kepuasan  Penumpang,  Loyalitas  Penumpang, Transportasi Laut] Text (Kualitas Pelayanan, Kepuasan Penumpang, Loyalitas Penumpang, Transportasi Laut)
Sasih Sundari, 210802102, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

KMP Aceh Hebat 2 merupakan salah satu moda transportasi laut yang menghubungkan Banda Aceh dengan Sabang dan memiliki peran penting dalam konektivitas antar pulau di Aceh. KMP Aceh Hebat 2 telah beroperasi sejak tahun 2021 dengan fasilitas modern, namun terdapat sejumlah keluhan dari penumpang terkait kualitas pelayanan, seperti ketersediaan tiket yang terbatas, kelebihan kapasitas, kebutuhan fasilitas dan aksesibilitas bagi penumpang prioritas termasuk lansia, disabilitas, ibu hamil, dan ibu dengan bayi hal ini menyebabkan ketidakpuasan penumpang dalam menerima layanan. Kuantitatif diterapkan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang diberikan kepada penumpang KMP Aceh Hebat 2. Tujuannya adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan penumpang terhadap loyalitas penumpang KMP Aceh Hebat 2. Data diolah dengan regresi linear berganda guna memvalidasi hipotesis yang telah ditetapkan. Loyalitas penumpang KMP Aceh Hebat 2 sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan kepuasan yang mereka rasakan. Penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan yang baik secara signifikan meningkatkan loyalitas. Demikian pula, kepuasan penumpang meningkatkan loyalitas secara signifikan. Analisis regresi berganda mengkonfirmasi bahwa kedua faktor ini, kualitas pelayanan dan kepuasan secara bersama-sama memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap loyalitas penumpang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sasih Sundari
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:56
Last Modified: 14 Apr 2025 04:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43986

Actions (login required)

View Item
View Item