Barmawi, 29173658 (2024) Reformulasi Dimensi Kognisi Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Aceh. Doctoral thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana S3 Pendidikan Agama Islam.
![[thumbnail of Reformulasi Dimensi Kognisi Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DISERTASI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Reformulasi Dimensi Kognisi Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER- BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Reformalasi dimensi kognisi pendidikan agama islam merupakan hal penting dalam membentuk karakter kepribadian, sehingga perguruan tinggi tidak hanya terfokus pada proses belajar saja tetapi lebih penanaman nilai-nilai keislaman secara utuh dan universal. Penelitian ini untuk menelaah Reformulasi Dimensi Kognisi Pengetahuan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Muhammadiyaha Aceh (Unmuha) dengan menggunakan teori Taksonomi Bloom revisi dan focus pada domain kognitif dan keterkaitannya dengan PAI (kata lain A l Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Unmuha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, responden penelitian pengelola perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa berupaya mengkaji lebih mendalam tentang reformulasi dimensi kognisi model pembelajaran PAI di Unmuha dari dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan meta kognisi melalui observasi, wawancara pengelola lembaga, dosen, mahasiswa serta tealaah dokumentasi yang dianggap memiliki hubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pengetahuan faktual sampai pada tahap mengingat, memahami, menerapakan dan menganalisa (C1-C4) dari elemen-elemen dasar disiplin ilmu yang dipelajarinya ; Pengetahuan prosedural sampai pada tahap mengingat, memahami, menerapakan (C1-C3) pada tataran cara melakukan sesuatu; Pengetahuan konseptual pada tahap mengingat, memahami, menerapakan (C1-C3) dari subjenis pengetahuan tentang klasifikasi dan kategori, pengetahuan tentang prinsip dan generalisasi dan pengetahuan tentang teori, model, dan struktur; dan Pengetahuan metakognitif pada tahap yang tinggi pada mengingat, memahami, menerapakan dan menganalisa, mengevaluasi (C1-C5) dari pengetahuan tentang kognisi secara umum dan kesadaran, serta pengetahuan tentang kognisi diri sendiri. Sehingga, reformulasi dimensi kognisi pendidikan agama Islam di Unmuha memiliki peningkatan pemahaman dan kebermaknaan materi agama Islam yang diajarkan
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Barmawi Barmawi |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:55 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44033 |