Anshar, 140402103` (2021) Urgensi Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Mahasiswa Pecandu Game Online (Studi Deskriptif Terhadap Mahasiswa Pemain Game Online Di Warung Kopi Fariz, Desa Lamdom, Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
![[thumbnail of Urgensi Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Mahasiswa Pecandu Game Online (Studi Deskriptif Terhadap Mahasiswa Pemain Game Online Di Warung Kopi Fariz, Desa Lamdom, Kota Banda Aceh)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Anshar, 140402103, FDK, BKI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB)
![[thumbnail of Urgensi Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Mahasiswa Pecandu Game Online (Studi Deskriptif Terhadap Mahasiswa Pemain Game Online Di Warung Kopi Fariz, Desa Lamdom, Kota Banda Aceh)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Bermain game online secara berlebihan membuat para pelajar dan mahasiswa mengalami kekurangan waktu istirahat dan bersosialisasi sehingga berakibat kepada tidak optimalnya aktivitas sehari-hari bahkan sampai tidak menghadiri perkuliahan sama sekali. Berdasarkan penelitian ini mahasiswa yang bermain game online lebih dari empat jam sehari dikategorikan sebagai pecandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab mahasiswa kecanduan game online, Game apa saja yang dimainkan mahasiswa, dan Urgensi Layanan Bimbingan konseling bagi mahasiswa pecandu game online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan metode purposive sampling sebanyak 5 responden.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : durasi bermain game online lebih dari empat jam sehari, dan sudah dapat dikategorikan sebagai pecandu game online. Dampak yang ditimbulkan dari game online ini adalah terabaikannya kewajiban mahasiswa dalam hal tugas dan kuliah. Ketidakmampuan mengatur prioritas untuk mengerjakan aktivitas lainnya, dan Kurangnya self control pada mahasiswa yang membuat ia tak bisa mengendalikan efek candu game online. Urgensi layanan bimbingan dan konseling pada mahasiswa pecandu game online berada pada tingkatan sedang dan harus sesegera mungkin dilakukan, hal ini untuk mencegah dan mengantisipasi tingkat kecanduan yang semakin parah dan sulit dihilangkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Anshar Anshar |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 03:13 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 03:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44046 |