Dede Muntaza, 180211031 (2025) Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe untuk Mata Kuliah Dasar Elektronika. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Media Pembelajaran, VideoScribe, Dasar Elektronika, Minat Belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dede Muntaza, 180211031, FTK, PTE, 085270271701.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of Media Pembelajaran, VideoScribe, Dasar Elektronika, Minat Belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dede Muntaza, 180211031, FTK, PTE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Mata kuliah Dasar Elektronika merupakan salah satu mata kuliah fundamental dalam bidang teknik elektro yang membahas konsep dasar rangkaian elektronik. Namun, mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam memahami materi ini karena sifatnya yang abstrak dan minimnya penggunaan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis VideoScribe, untuk mengetahui hasil uji validasi dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis VideoScribe pada mata kuliah Dasar Elekronika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Perancangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi media dan materi untuk menilai kelayakan media pembelajaran, serta angket respon mahasiswa untuk mengetahui respon terhadap media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi memberikan persentase kelayakan sebesar 88,8%, sedangkan validasi ahli media memperoleh nilai 94,5%, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis VideoScribe sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil angket respon mahasiswa menunjukkan persentase sebesar 81,7%, yang mengindikasikan bahwa media ini efektif dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa terhadap mata kuliah Dasar Elektronika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis VideoScribe dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi elektronika dasar serta menjadi alternatif inovatif bagi dosen dalam proses pengajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Dede Muntaza |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 09:17 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:52 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44059 |