Miftahul Jannah, 180202085 (2025) Pengaruh Berbicara Bahasa Arab Terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Pidato Bahasa Arab Di Ma'had Al-'Asri Tgk. Chik Ampe Awe, Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengaruh Berbicara Bahasa Arab Terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Pidato Bahasa Arab Di Ma'had Al-'Asri Tgk. Chik Ampe Awe, Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Miftahul Jannah, 180202085, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
![[thumbnail of Pengaruh Berbicara Bahasa Arab Terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Pidato Bahasa Arab Di Ma'had Al-'Asri Tgk. Chik Ampe Awe, Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh berbicara bahasa Arab terhadap kemampuan mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan pidato bahasa Arab serta menganalisis respons siswa terkait pengaruh berbicara bahasa Arab terhadap kemampuan pidato mereka di kelas sepuluh tingkat atas di Ma'had Al-'Asri Tgk. Chik Ampe Awe, Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen dengan topik One Group Pre-Test, Post-Test Design. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan pre-test, post-test, dan angket. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah 20 mahasiswa dari kelas tujuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan berbicara bahasa Arab efektif dalam meningkatkan keterampilan pidato bahasa Arab mahasiswa di Ma'had Al-'Asri Tgk. Chik Ampe Awe, Aceh Besar. Berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test, tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) adalah 0.000, yang lebih kecil dari ambang batas signifikansi 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak, dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan berbicara bahasa Arab efektif dalam meningkatkan keterampilan pidato bahasa Arab mahasiswa di Ma'had Al-'Asri Tgk. Chik Ampe Awe, Aceh Besar. Selain itu, respons mahasiswa terhadap penerapan berbicara bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan pidato mereka bersifat positif, dengan persentase sebesar 68% menunjukkan respons positif dibandingkan 34,75% yang menunjukkan respons negatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miftahul Jannah |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:09 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:09 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44070 |