Problematika Pengajian Kitab Tafsir Pada Dayah Istiqamatuddin Darul Mu’arrif Aceh Besar

Farhan Rahmadi, 210303003 (2025) Problematika Pengajian Kitab Tafsir Pada Dayah Istiqamatuddin Darul Mu’arrif Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran tafsir pada dayah darul mu'arif] Text (Membahas tentang Pembelajaran tafsir pada dayah darul mu'arif)
SKRIPSI FARHAN 21 APRIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran tafsir pada dayah darul mu'arif] Text (Membahas tentang Pembelajaran tafsir pada dayah darul mu'arif)
SKRIPSI FARHAN 21 APRIL-1-20.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas problematika pengajian kitab tafsir di Dayah Istiqamatuddin Darul Mu’arrif, Aceh Besar, yang hanya menggunakan Tafsir Jalalayn. Keterbatasan ini menimbulkan tantangan, seperti kurangnya variasi perspektif dalam memahami Al-Qur’an serta minimnya kesempatan santri untuk membandingkan berbagai metode penafsiran. Selain itu, pembelajaran tafsir yang hanya dilakukan sekali seminggu menghambat pendalaman ilmu tafsir. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan pengajar dan santri, serta studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran kitab tafsir di Dayah Darul Mu’arrif menggunakan metode tradisional seperti talaqqi, tahriri, dan pengulangan, yang mendorong interaksi aktif antara guru dan santri serta melatih berpikir kritis. Namun, pembatasan hanya pada Tafsir Jala>layn membatasi wawasan dan analisis santri karena kurangnya perbandingan dengan kitab lain seperti Tafsir Baidhawi dan Tafsir Khazin. Selain itu, alokasi waktu yang terbatas serta ketiadaan pengajaran Ulumul Tafsir menjadi tantangan dalam membentuk santri yang kompeten di bidang tafsir. Penelitian ini merekomendasikan pengayaan referensi kitab tafsir, peningkatan frekuensi pengajian, serta pengembangan kurikulum yang lebih komprehensif guna memperluas wawasan santri dan meningkatkan kualitas pembelajaran tafsir pada Dayah Istiqamatuddin Darul Mu’arrif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Farhan Rahmadi
Date Deposited: 22 Apr 2025 05:28
Last Modified: 22 Apr 2025 05:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44181

Actions (login required)

View Item
View Item