Upaya Guru dalam Mengatasi Problematika Keterampilan Mendengar Para Siswi Ma’Had Darul Ulum Banda Aceh

Ulfa Nursafitri, 180202212 (2025) Upaya Guru dalam Mengatasi Problematika Keterampilan Mendengar Para Siswi Ma’Had Darul Ulum Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Problematika, Keterampilan Berbicara] Text (Problematika, Keterampilan Berbicara)
Ulfa Nursafitri, 180202212, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Problematika, Keterampilan Berbicara] Text (Problematika, Keterampilan Berbicara)
Ulfa Nursafitri, 180202212, FTK, PBA, 081930401933.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Problematika dalam pembelajaran bahasa Arab merupakan suatu faktor yang bisa menghalangi dan memperlambat pelaksanaan proses belajar mengajar dalam bidang studi bahasa Arab. Berdasarkan pengamatan pertama yang dilakukan oleh peneliti di MTs Ma’had Darul Ulum Banda Aceh, bahwa sebagian besar siswa kelas 1/2 menghadapi kesulitan dalam pembelajaran keterampilan mendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: bahwa Problematika yang dihadapi siswa dalam keterampilan berbicara di MTs Ma’had Darul Ulum Banda Aceh kelas 1/2 yaitu kesulitan mengenali suara dan lemah dalam memahami kosa kata serta memahami tata bahasa (Qawaid). Adapun solusi problematika pembelajaran keterampilan mendengar yaitu dengan mengucapkan kosa-kata secara perlahan dan mengulanginya beberapa kali, memberikan kosakata baru dengan kesan visual dan auditori serta menggunakan metode pendidikan yang beragam dan menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ulfa Nursafitri
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:52
Last Modified: 22 Apr 2025 06:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44186

Actions (login required)

View Item
View Item