Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying di SMA Laboratorium Unsyiah

Aldi Irawan, 180213113 (2025) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying di SMA Laboratorium Unsyiah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang guru bimbingan konseling] Text (Membahas tentang guru bimbingan konseling)
Aldi Irawan, 180213113, FTK, BK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Membahas tentang guru bimbingan konseling] Text (Membahas tentang guru bimbingan konseling)
Aldi Irawan, Cover - BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Fenomena bullying telah lama menjadi bagian dari dinamika sekolah, dimana bullying banyak terjadi di kalangan remaja khususnya pada lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying, bentuk layanan bimbingan konseling bagi siswa korban bullying, dan hambatan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying di SMA Laboratorium Unsyiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling serta siswa. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying di SMA Laboratorium Unsyiah dilakukan dengan cara memberikan layanan secara individual dan kelompok. Adapun bentuk layanan bimbingan konseling yang diberikan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying dengan layanan konseling konseling individu dan kelompok, hal ini dilakukan guna membantu mengatasi permasalahan-permasalahan dalam diri siswa melalui bimbingan dan konseling yang dilakukan secara terarah dan sistematis untuk mendapatkan hasil yang efektif. Sedangkan hambatan yang dialami guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying di SMA Laboratorium Unsyiah siswa merasa enggan untuk terbuka dalam menyampaikan kasus bullying yang dirasakannya karena takut terhadap stigma, karena khawatir dianggap lemah atau tidak populer, dapat menghalangi mereka untuk bersuara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan adanya peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying maka siswa mampu menysuaiankan diri dengan lingkungan pendidikan, masyarakat maupun lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Aldi Irawan
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:30
Last Modified: 23 Apr 2025 07:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44207

Actions (login required)

View Item
View Item