Siti Nurhaliza, 200209129 (2025) Penerapan Model Problem Posing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Model Problem Posing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SITI NURHALIZA 200209129 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Problem Posing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SITI NURHALIZA 200209129.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MIS Lamgugob Banda Aceh yang dilatarbelakangi oleh kurang variasi dalam memilih model pembelajaran di sekolah. Proses belajar tidak berpusat kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar serta mengetahui peningkatan keterampilan berargumentasi siswa terhadap penerapan model Problem Posing siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi dan lembar tes siswa, sedangkan Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 78,5% dengan kategori baik dan siklus II meningkat menjadi 98,2% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 76,9% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 96,1% dengan kategori sangat baik. Peningkatan keaktifan belajar siswa yang diukur dari lembar tes pada siklus I yaitu 60,52% dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,87% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Posing untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Nurhaliza |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:22 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:22 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44230 |