Nur Faozana, 190209165 (2025) Penggunaan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas IV SDN Neusok Teubalui Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penggunaan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas IV SDN Neusok Teubalui Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nur Faozana, 190209165 (2025) cover- bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Penggunaan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas IV SDN Neusok Teubalui Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nur Faozana, 190209165 (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan penelitian yang telah penulis lakukan dengan guru kelas IV SDN Neusok Teubalui Aceh Besar, diketahui bahwa faktor yang menyebabkan siswa tidak mencapai nilai sesuai KKM pada pembelajaran disebabkan oleh kurangnya penggunaan media, salah satunya power point interaktif. Hal ini menyebabkan siswa sulit memahami pelajaran dan pada akhirnya rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Media Power Point Interaktif dalam meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Neusok Teubalui Aceh Besar. Metode pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal untuk tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningktan. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 81,25% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada siklus II memperoleh skor 95,31% dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 75% dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 92,18% dengan kategori baik sekali. Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I hasil persentase ketuntasan nilai siswa 44,82% sedangkan pada siklus II hasil persentase nilai ketuntasan siswa 82,75%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Faozana |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 09:10 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 09:10 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44290 |