Pola Komunikasi Humas dalam Memediasi Komplain Pelanggan PT PLN Wilayah Banda Aceh

Ridwan, 190401001 (2025) Pola Komunikasi Humas dalam Memediasi Komplain Pelanggan PT PLN Wilayah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pola Komunikasi, Humas Komplain Pelanggan] Text (Pola Komunikasi, Humas Komplain Pelanggan)
Ridwan, 190401001, FDK, KPI, 082273725082.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Pola Komunikasi, Humas Komplain Pelanggan] Text (Pola Komunikasi, Humas Komplain Pelanggan)
Ridwan, 190401001, FDK, KPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pola Komunikasi Humas dalam Memediasi Komplain Pelanggan PT PLN Wilayah Banda Aceh”, bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi Humas dalam memediasi komplain pelanggan PT. PLN PERSERO Wilayah Banda Aceh serta kendala Humas dalam memediasi komplain pelanggan PT. PLN (PERSERO) Wilayah Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian terdiri dari pihak Humas PLN Banda Aceh dan pelanggan PLN. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pola komunikasi Humas dalam memediasi komplain pelanggan PT PLN Wilayah Banda Aceh dilakukan dengan memberikan edukasi secara interpersonal dan melalui media online terkait prosedur pelayanan kepada pelanggan, memberikan layanan dengan cepat dan tepat serta mempermudah pelanggan melakukan komplain secara online untuk mudah mendapatkan respon dari pihak PT PLN Wilayah Banda Aceh. Kendala Humas dalam memediasi komplain pelanggan PT PLN Wilayah Banda Aceh ialah masih minimnya sikap koperatif/kerja sama sebagian pelanggan dengan pihak perusahaan serta keterbatasan pengetahuan terkait istilah-istilah dalam pelistrikan dikalangan pelanggan sehingga menghambat proses mediasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 24 Apr 2025 04:27
Last Modified: 24 Apr 2025 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44329

Actions (login required)

View Item
View Item