Wulan, 210209114 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri Meunasah Tutong Aceh Besar. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 16 (2). pp. 119-133. ISSN 2623-2685
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Wulan, 210209114.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa di kelas V SD Negeri Meunasah Tutong di Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa kelas V, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, mengunakan lembar observasi, sedangkan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan; aktivitas guru meningkat dari 83% di siklus I menjadi 98% di siklus II, sementara aktivitas siswa meningkat dari 78% menjadi 94%. Hasil belajar siswa juga meningkat dari 62.5% di siklus I menjadi 87.5% di siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think pair share berbantuan media diorama sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa di SD Negeri Meunasah Tutong Aceh Besar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Wulan Wulan |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:17 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44339 |