Strategi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah (Studi Pada BMT Taman Indah Aceh Besar)

Cindy Carolina Munthe, 180603154 (2025) Strategi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah (Studi Pada BMT Taman Indah Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Kualitas Pelayanan, BMT, Lembaga Keuangan Syariah] Text (Strategi Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Kualitas Pelayanan, BMT, Lembaga Keuangan Syariah)
Cindy Carolina Munthe, 180603154, FEBI, PS, 0882015494233.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Strategi Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Kualitas Pelayanan, BMT, Lembaga Keuangan Syariah] Text (Strategi Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Kualitas Pelayanan, BMT, Lembaga Keuangan Syariah)
Cindy Carolina Munthe, 180603154, FEBI, PS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Strategi kualitas pelayanan merupakan faktor kunci dalam menciptakan kepuasan nasabah, khususnya di lembaga keuangan syariah seperti KSPPS BMT Taman Indah. Dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif, pelayanan yang unggul menjadi keunggulan tersendiri yang dapat menarik dan mempertahankan nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT Taman Indah telah menerapkan berbagai strategi pelayanan seperti kemudahan akses, keramahan petugas, dan kesesuaian layanan dengan prinsip syariah. Meskipun menghadapi beberapa kendala seperti keterbatasan variasi produk dan sumber daya, lembaga ini terus melakukan perbaikan melalui pelatihan karyawan dan evaluasi berkala. Strategi pelayanan yang diterapkan terbukti memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kepuasan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam pengembangan kualitas pelayanan di sektor keuangan mikro syariah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Cindy Carolina Munthe
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:47
Last Modified: 24 Apr 2025 08:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44353

Actions (login required)

View Item
View Item