Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Animasi Lipsync untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 4 Banda Aceh.

Nazhirah Duanna, 210209120 (2025) Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Animasi Lipsync untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Animasi Lipsync untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 4 Banda Aceh.] Text (Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Animasi Lipsync untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 4 Banda Aceh.)
Nazhirah Duanna.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[thumbnail of Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Animasi Lipsync untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 4 Banda Aceh.] Text (Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Animasi Lipsync untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 4 Banda Aceh.)
Nazhirah Duanna - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 4
Banda Aceh yang masih belum mencapai nilai standar KKTP yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran dikelas supaya pembelajaran lebih berpusat pada siswa, dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa lebih aktif dan fokus dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dengan berbantuan media animasi lipsync dapat menjadi suatu solusi dalam mengatasi rendahnya hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan aktivitas guru, (2) untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, dan(3) untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together berbantuan media animasi lipsync. Jenis metode penelitian tindakan kelas ini melibatkan 23 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari II siklus. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I dengan nilai (80,77%), dan pada siklus II meningkat menjadi (93,27%) dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai (77,88%), pada siklus II meningkat menjadi (90,38%). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai (60,87%), dan meningkat secara signifikan pada siklus II dengan nilai (91,30%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Numbered Head Together berbantuan media animasi lipsync dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SDN 4 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nazhirah Duanna
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:38
Last Modified: 28 Apr 2025 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44432

Actions (login required)

View Item
View Item