Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Magnet Kelas V SDN Glumpang Minyeuk Pidie

Naurah Azzatil Ismah, 210209127 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Magnet Kelas V SDN Glumpang Minyeuk Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Magnet Kelas V SDN Glumpang Minyeuk Pidie] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Magnet Kelas V SDN Glumpang Minyeuk Pidie)
Naurah Azzatil Ismah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Magnet Kelas V SDN Glumpang Minyeuk Pidie] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Magnet Kelas V SDN Glumpang Minyeuk Pidie)
Naurah Azzatil Ismah - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan peserta didik jenuh dan bosan sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan tujuan pembelajaran tidak tercapai seperti yang diharapkan sehingga peserta didik mendapatkan nilai rendah. Salah satu solusi adalah dengan menerapkan model pembelajaran project based learning, sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi magnet kelas V di SDN Glumpang Minyeuk Pidie. Penelitian ini menggunakan metode quasy experimental dengan desain penelitian nonequivalent pretest-postest control group design yang melibatkan kelas eksperimen V A dan kelas kontrol V B. Data dikumpulkan menggunakan soal pretest dan posttest untuk mengukur pengetahuan siswa pada materi magnet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan setelah menerapkan pembelajaran model project based learning dengan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen 83,04 dan kelas kontrol 71,30. Adapun hasil uji t menggunakan independent sampel test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi magnet kelas V SDN Glumpang Minyeuk Pidie.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naurah Azzatil Ismah
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:36
Last Modified: 28 Apr 2025 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44439

Actions (login required)

View Item
View Item