Pola Pengelolaan Anak Tunagrahita di YPAC Banda Aceh

Nurlita, 431307417 (2018) Pola Pengelolaan Anak Tunagrahita di YPAC Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengelolaan Anak]
Preview
Text (Membahas tentang Pengelolaan Anak)
Nurlita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pola Pengelolaan Anak Tunagrahita di YPAC Banda Aceh.” Skripsi ini penting di kaji karena pengelolaan anak tunagrahita ini sangat berpengaruh positif terhadap anak ini karena anak tunagrahita yang mengalami keterlatarbelakangan mental yang lemah dalam penyesuaian diri serta anak ini memiliki daya ingat yang lemah sehingga perlu pengawasan yang ekstra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen yang digunakan YPAC Banda Aceh dalam mengelola anak tunagrahita, untuk mengetahui upaya YPAC Banda Aceh dalam mengelola anak tunagrahita, dan untuk mengetahui keberhasilan dan kendala yang dihadapi oleh YPAC Banda Aceh dalam mengelola anak tunagrahita. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif (Descriptive Research). Penelitian deskriptif adalah penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini. Tehnik pengumpulan data yaitu penelitiaan lapangan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara, kemudian di analisis data melalui reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di ambil kesimpulan bahwa YPAC menjalankan system manajemennya dengan baik meskipun masih ada kekurangan namun YPAC akan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada anak berkebutuhan khusus. YPAC menjalankan ke empat fungsi manajemen yaitu dari fungsi perencanaan (planning), pengelompokkan (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), dalam pengelolaan anak berkebutuhan khusus. Serta YPAC juga melakukan perencanaan, pengurusan, penetapan tugas dan juga terstruktur semua kegiatan agar semua berjalan dengan baik. Untuk menunjang keberhasilan dalam membina anak tunagrahita maka pengajar harus memahami mereka serta memberikan pengajaran secara berulang-ulang atau di sebut dengan metode drill. Kendala yang di hadapi oleh YPAC diantaranya kurangnya dana, sarana dan prasarana, kurangnya alat untuk mengajar keterampilan bagi anak tunagrahita, serta kurangnya sumber daya manusia dalam menangani anak berkebutuhan khusus, sehingga belum memadai untuk melayani anak berkebutuhan khusus ini. Selain itu kendala yang di hadapi Oleh SMPLB YPAC Aceh ini yaitu dalam memberikan bimbingan kepada anak tunagrahita yang sangat sulit untuk memahami kondisi mereka. Meskipun banyak kendala yang di hadapi namun keberhasilan juga terlihat dari anak tunagrahita itu sendiri, mereka dapat bina diri, dan adanya perubahan yang di alaminya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Sakdiah, S. Ag, M.Ag; 2. Raihan S. Sos.I., MA
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Anak, Daya Ingat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363 Masalah dan pelayanan sosial lainnya > 363.7 Masalah lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Nurlita Ita
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:35
Last Modified: 28 Sep 2018 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4445

Actions (login required)

View Item
View Item