Penerapan Metode Becerita Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak siswa kelas III SDN Ujong Kuta Aceh Besar

Silfa Wijayanti, 210209016 (2025) Penerapan Metode Becerita Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak siswa kelas III SDN Ujong Kuta Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Becerita Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak siswa kelas III SDN Ujong Kuta Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Becerita Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak siswa kelas III SDN Ujong Kuta Aceh Besar)
Silfa Wijayanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[thumbnail of Penerapan Metode Becerita Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak siswa kelas III SDN Ujong Kuta Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Becerita Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak siswa kelas III SDN Ujong Kuta Aceh Besar)
Silfa Wijayanti - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Keterampilan menyimak merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia, karena memungkinkan siswa memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas III SDN Ujong Kuta Aceh Besar melalui penerapan metode bercerita berbantuan media visual. Metode ini dipilih karena dapat meningkatkan daya simak siswa yang sebelumnya memiliki keterampilan menyimak yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa kelas III SDN Ujong Kuta Aceh Besar. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes keterampilan menyimak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan menyimak siswa. Pada Siklus I, aktivitas guru mencapai 77,50%, aktivitas siswa 79,41%, dan keterampilan menyimak siswa 78,57%. Pada Siklus II, terjadi peningkatan pada aktivitas guru menjadi 88,75%, aktivitas siswa 89,70%, dan keterampilan menyimak siswa mencapai 87,14%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode bercerita dan media visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas III SDN Ujong Kuta Ace Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Silfa Wijayanti
Date Deposited: 28 Apr 2025 05:01
Last Modified: 28 Apr 2025 05:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44451

Actions (login required)

View Item
View Item