Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Mardiyah Futri, 210209094 (2025) Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) Untuk   Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV MIN 20 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV MIN 20 Aceh Besar)
Mardiyah Futri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[thumbnail of Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) Untuk   Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV MIN 20 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV MIN 20 Aceh Besar)
Mardiyah Futri - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Hasil observasi dikelas IV di MIN 20 Aceh Besar peneliti menemukan saat berlangsungnya pembelajaran PKn terlihat masih banyak siswa yang kurang memperhatikan pelajaran dan berdampak pada tes formatif dibawah 75. Sebab, model yang diterapkan kurang ideal dalam PKn hingga berdampak pada hasil belajar. Sebab itulah, perlu adanya perbaikan dengan tindakan agar meningkatnya hasil belajar. Oleh sebab itu, peneliti meneliti tentang penerapan model Value Clarification Technique untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MIN 20 Aceh Besar dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes dan data dianalisa dengan persentase sesuai kriteria keberhasilan. Maka, hasilnya pada aktivitas guru siklus I mendapat nilai 88,54 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, siklus II nilainya 97,91 kategori sangat baik. Selanjutnya, observasi aktivitas siswa pada siklus I mendapat nilai 83,33 dalam kategori sangat baik. Sedangkan, siklus II mendapatkan nilai 96,37 dengan kategori sangat baik dan untuk hasil belajar siswa pada siklus I nilai rataannya yaitu 44,18 sehingga belum tuntas. Sedangkan, siklus II nilainya 81,39 dengan ketuntasan klasikal sudah tuntas. Dapat disimpulkan, model value clarification technique dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar pada pelajaran PKn dikelas IV MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mardiyah Futri
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:13
Last Modified: 28 Apr 2025 07:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44462

Actions (login required)

View Item
View Item