Nury Jannati, 210201053 (2025) Hasil Analisis Belajar Tahsin Mahasiswa PAI pada Program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Analisis Belajar Tahsin Mahasiswa PAI]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 nury wt_merged (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Analisis Belajar Tahsin Mahasiswa PAI]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi fix nury jannati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Tahsin adalah upaya untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an serta memastikan bahwa bacaan tersebut sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam agama Islam. Tahsin bertujuan untuk menjaga lidah dari kesalahan membaca Al-Qur’an, sehingga bacaan
Al-Qur’an menjadi baik dan benar dari segi pelafalan, tajwid dan makharijal huruf. Pembelajaran tahsin juga diajarkan pada mahasiswa UIN Ar-Raniry yang sedang mengikuti program Ma’had Al-Jami’ah. Pembelajaran tahsin sangat berguna untuk mahasiswa yang akan menjadi calon guru PAI terutama dalam mengajarkan pelajaran
Al-Qur’ah Hadist dan dalam pengajaran lainya yang berhubungan dengan dalil Al Qur’an. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa saja materi tajwid dalam program tahsin yang sudah diikuti oleh mahasiswa PAI Angkatan XI Gelombang I dan Angkatan XI Gelombang II? bagaimana hasil belajar tahsin mahasiswa PAI Angkatan XI Gelombang I dan Angkatan XI Gelombang II?. Penelitian
ini menggunakan metode Mixed-method pendekatan analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan pengajar tahsin dan dokumentasi instrument. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang diajarkan berpedoman pada buku
“Metode Asy-Syafi’i” yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas Iqra’ dan kelas Tajwid. Adapun hasil belajar tahsin mahasiswa PAI pada A11G1 menunjukkan hasil pencapaian berjumlah 85,7% dari 14 mahasiswa PAI dan pada A11G2 menunjukkan hasil pencapaian berjumlah 95,5% dari 24 mahasiswa PAI. Dapat disimpukan bahwa
pembelajaran tahsin mahasiswa PAI berhasil. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor internal yaitu penggunaan metode dan materi yang efektif, dukungan dari pengajar, sarana dan prasarana dan motovasi dan komitmen mahasantri, adapun
faktor eksternal adalah pengajar tahsin mengikuti pelatihan khusus diluar jam Ma’had, dukungan dari keluarga dan lingkungan positif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nury Jannaty |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:47 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:47 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44481 |