Penerapan Modul Pembelajaran Aplikasi PSIM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PTE Pada Perkuliahan Rangkaian Listrik.

Farmi Hadi, 190211054 (2025) Penerapan Modul Pembelajaran Aplikasi PSIM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PTE Pada Perkuliahan Rangkaian Listrik. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Modul Pembelajaran Aplikasi PSIM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PTE Pada Perkuliahan Rangkaian Listrik.] Text (Penerapan Modul Pembelajaran Aplikasi PSIM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PTE Pada Perkuliahan Rangkaian Listrik.)
Farmi Hadi, 190211054, FTK, PTE - Cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Penerapan Modul Pembelajaran Aplikasi PSIM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PTE Pada Perkuliahan Rangkaian Listrik.] Text (Penerapan Modul Pembelajaran Aplikasi PSIM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PTE Pada Perkuliahan Rangkaian Listrik.)
Farmi Hadi, 190211054, FTK, PTE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam mendukung mata kuliah Rangkaian Listrik di prodi PTE perlu simulasi grafis, yang tanpa harus mengunakan perangkat fisik. Tersedianya modul aplikasi PSIM menjadi alternatife untuk mendukung simulasi pada pembelajaran Mata Kuliah Rangkaian Listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan modul aplikasi PSIM dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa PTE dan juga melihat respon terhadap penerapan modul tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kuantitatif mengunakan model Quasi Eksperimen dengan pre-test dan post-test Desain. Instrumen penelitian mengunakan soal tes dan angket. Dalam hal ini kedua instrumen telah di validasi oleh pakar. Hasil penelitian menunjukkan untuk pre-tets rata-rata 45,23 dan post-test rata-rata 69,76. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah diterapkan modul aplikasi PSIM dan ini di dukung dengan data angket, dimana mahasiswa menunjukkan respon yang tinggi terhadap penerapan modul aplikasi PSIM, dengan nilai 79% katagori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahawa penerapan Modul Aplikasi PSIM sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajan, Modul Aplikasi PSIM, Hasil Belajar, Rangkaian Listrik.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Farmi Hadi
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:23
Last Modified: 29 Apr 2025 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44487

Actions (login required)

View Item
View Item