Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Banda Aceh

Raihatul Miska, 210209043 (2025) Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Banda Aceh. EDUKASI TEMATIK: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6 (1). pp. 1-9. ISSN 2746-8011

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Banda Aceh)
Raihatul Miska.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 5 Banda Aceh, proses pembelajaran matematika pada materi sudut di kelas IV masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh sebagian peserta didik yang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang membosankan dan kurang menarik. Akibatnya, peserta didik tidak bersungguh-sungguh dalam menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik serta meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dibantu dengan media puzzle pada peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I 75,23%, pada siklus II 79% dan mengalami peningkatan maksimum pada siklus III 85,7%. (2) Aktivitas peserta didik pada siklus I 67,36%, siklus II 77,89% dan mengalami peningkatan maksimum siklus III 85,26%. (3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I 42,85%, siklus II 64,30% dan mengalami peningkatan maksimum pada siklus III 85,70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT dengan berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Raihatul Miska
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:06
Last Modified: 29 Apr 2025 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44493

Actions (login required)

View Item
View Item