Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar MIN 26 Aceh Besar

Raihatul Jannah, 210209074 (2025) Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar  MIN 26 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar MIN 26 Aceh Besar)
SKRIPSI RAIHAN (revisi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar  MIN 26 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar MIN 26 Aceh Besar)
SKRIPSI RAIHAN (revisi) - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Menurut Hasil studi pendahuluan di kelas V MIN 26 Aceh Besar, menunjukan banyak siswa kelas V yang belum mencapai nilai standar KKTP. Diperlukan ada inovasi dalam pembelajaran untuk membuat siswa lebih aktif dan fokus. Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning berbantuan media replika menjadi salah satu solusi dalam mengatasi rendahnya hasil belajar siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media replika. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjeck penelitiannya pada 26 siswa di kelas V dan dilakukan selama dua siklus. KKTP yang telah ditetapkan adalah 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. Data dikumpulkan melalui instrument studi pendahuluan dan soal tes. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I adalah 84,09%, kemudian pada siklus II menjadi 95,45%, dan aktivitas siswa pada siklus I adalah 82,95% dan aktivitas siswa pada siklus II adalah 94,31%. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 50% dan pada siklus ke II menjadi 84,61%. Oleh karna itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menerapkan model project based learning berbantuan media replika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Raihatul Jannah
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:10
Last Modified: 29 Apr 2025 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44498

Actions (login required)

View Item
View Item