Penerapan Model Tipe Make A Match Berbantuan Media Card Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V MIN 23 Aceh Besar

Putri Akmalia, 210209061 (2025) Penerapan Model Tipe Make A Match Berbantuan Media Card Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V MIN 23 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Tipe Make A Match Berbantuan    Media Card Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V MIN 23 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Tipe Make A Match Berbantuan Media Card Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V MIN 23 Aceh Besar)
Putri Akmalia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[thumbnail of Penerapan Model Tipe Make A Match Berbantuan    Media Card Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V MIN 23 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Tipe Make A Match Berbantuan Media Card Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V MIN 23 Aceh Besar)
Putri Akmalia - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MIN 23 Aceh Besar pada siswa kelas V, didapati bahwa rendahnya aktivitas guru dan siswa, ditandai dengan kurangnya partisipasi antara guru dan siswa, yang menyebabkan beberapa siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Oleh karena itu, diterapkan model Make A Match berbantuan media card game untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar melalui penerapan model Make A Match berbantuan media card game pada pembelajaran IPAS kelas V di MIN 23 Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,94% meningkat menjadi 95,59% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 73,53% meningkat menjadi 92,65% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I dari 55,56% juga meningkat menjadi 88,89% pada siklus II, termasuk kategori baik sekali dan telah mencapai ketuntasan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match berbantuan media card game dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa di kelas V MIN 23 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Akmalia
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:03
Last Modified: 29 Apr 2025 02:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44499

Actions (login required)

View Item
View Item