Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Berbantuan Media Majalah Dinding Pada SDN 16 Banda Aceh

Siti Afifah Humaira, 210209054 (2025) Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Berbantuan Media Majalah Dinding Pada SDN 16 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD )Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Berbantuan Media Majalah Dinding Pada SDN 16 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD )Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Berbantuan Media Majalah Dinding Pada SDN 16 Banda Aceh)
Siti Afifah Humaira.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD )Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Berbantuan Media Majalah Dinding Pada SDN 16 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD )Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Berbantuan Media Majalah Dinding Pada SDN 16 Banda Aceh)
Siti Afifah Humaira - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti Di SDN 16 Banda Aceh, ditemukan permasalahan berkaitan dengan keterampilan menulis, siswa masih kurang lancar dalam menulis, kurangnya pemahaman dalam menulis seperti siswa sulit untuk menuangkan ide pemikiran mereka ke dalam bentuk tulisan sehingga tulisannya sulit untuk dibaca. Tujuan dari peneliti adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan keterampilan menulis dalam Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan berbantuan media Majalah Dinding SDN 16 Banda Aceh. Jenus penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek dari penelitian siswa kelas III berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes tulis. KKTP yang telah ditetapkan adalah 76. Kesimpulan dari penelitian ini memperlihatkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 75,2 %, meningkat di siklus II sebesar 84 % dan meningkat pada siklus III sebesar 90,4%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 68 %, meningkat di siklus II sebesar 78,4 % dan meningkat pada siklus III sebesar 86,4 %. Hasil keterampilan menulis siswa siklus I dengan persentase 40, 62 %, meningkat di siklus II dengan persentase 68,75 %, dan meningkat pada siklus III dengan persentase 84,37 %. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan berbantuan media Majalah Dinding dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada SDN 16 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Afifah Umaira
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:08
Last Modified: 29 Apr 2025 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44502

Actions (login required)

View Item
View Item