Rodhatul Jannah, 180202202 (2024) Penggunaan Metode Example Non Example Pada Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Memperbagus Maharah Kitabah Pada Siswa MTsN 6 Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Metode Example Non Example Pada Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Memperbagus Maharah Kitabah Pada Siswa MTsN 6 Aceh Utara]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rodhatul Jannah, 180202202, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of Penggunaan Metode Example Non Example Pada Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Memperbagus Maharah Kitabah Pada Siswa MTsN 6 Aceh Utara]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran pada MTsN 6 Aceh Utara melalui observasi bahwa masalah yang dihadapi siswa yaitu lemahnya kemampuan dalam maharah kitabah, bahwa para siswa tidak bisa menulis Mufradat dengan benar, pembelajarannya dimulai dengan memperkenalkan Huruf, kemudian diikuti dengan pembelajaran Mufradat, kemudian kalimat-kalimat yang berbeda sebagaimana para siswa mempelajari bahasa arab.kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran berbicara bahasa arab, sebagaimana itu juga dalam mempelajari cara kitabah( Menulis) bahasa arab, pembelajaran bahasa arab di MTsN 6 Aceh utara dianggap sebagai salah satu dari judul-judul yang telah sempurna pembelajarannya, sebagaimana pembelajaran yang beragam dari mempelajari huruf-huruf bahasa arab secara parsial/terpisah kepada menulis kalimat-kalimat yang sampai menjadi sebuah teks atau kisah. Selain itu, dalam pembelajaran bahasa arab masih sangat sedikit dari siswa yang menguasai maharah kitabah dan masih sangat sedikit yang termotivasi atau tertarik dalam pembelajaran maharah Kitabah. Khususnya dalam aktifitas siswa misalnya dalam menyusun sebuah kisah. Dan masih banyak siswa yang tidak memperhatikan dalam proses pembelajaran maharah kitabah. Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti berusaha mengatasi permasalahan yang terjadi dengan cara menggunaan Metode Example Non Example pada Pembelajaran Bahasa Arab untuk memperbagus Maharah Kitabah pada Siswa MTsN 6 Aceh Utara Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses atau cara penggunaan metode example non example dan keefektifan metodenya. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah Experimental Research. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : metode example non example efektif untuk meningkatkan maharah kitabah di MTSN 6 Aceh Utara sebagaimana dijelaskan dalam bab empat bahwa hasil T-test ( Paired sample T-test) lebih sedikit dari ( Asymp.sug) menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dan dari lembar observasi guru dan murid yaitu hasil yang didapat yaitu observasi guru sebanyak 80 persen dan observasi siswa 87 persen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rodhatul Jannah |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:11 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44537 |