Riska Tri Septiani, 210209011 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Puzzle Berbasis IT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas IV MIN 7 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Puzzle Berbasis IT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas IV MIN 7 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Riska 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Puzzle Berbasis IT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas IV MIN 7 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi revisi Ayu.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV MIN 7 Banda Aceh, diketahui bahwa dalam proses pembelajaran PKn, guru belum menggunakan model atau media pembelajaran yang inovatif. Akibatnya, aktivitas mengajar guru masih bersifat konvensional, aktivitas belajar siswa yang kurang aktif, serta hasil belajar belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Kondisi ini menunjukkan perlunya penerapan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan guru dan siswa serta hasil belajar secara keseluruhan. Salah satu alternatif yang dipertimbangkan adalah model TGT berbantuan media puzzle berbasis IT, yang diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut dan meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di kelas IV MIN 7 Banda Aceh. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui penerapan model Team Games Tournament (TGT) berbantuan media puzzle berbasis IT. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 41 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru meningkat dari 79,80% pada siklus I menjadi 93,26% pada siklus II. Begitu pula dengan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan persentase yang sama. Selain itu, hasil belajar siswa meningkat secara signifikan. KKTP untuk pembelajaran PKn adalah 70, dengan ketuntasan klasikal yang ditargetkan sebesar 75%, dan setelah penerapan model TGT, ketuntasan belajar siswa berhasil mencapai target tersebut. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, penerapan model TGT berbantuan media puzzle berbasis IT dapat meningkatkan aktivitas belajar, kepercayaan diri, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Riska Tri Septiani |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:41 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:41 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44551 |