Dolly Isma Indra, 180303088 (2025) Implementasi Adab Ḥamālāt Al- Qur’an Di Pondok Pesantren Insan Qur’ani Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.
![[thumbnail of Implementasi Adab Ḥamālāt Al- Qur’an Di Pondok Pesantren Insan Qur’ani Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Revisi Skripsi, dolly22.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of Implementasi Adab Ḥamālāt Al- Qur’an Di Pondok Pesantren Insan Qur’ani Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Menjaga dan memelihara kemurnian Al-Qur’an merupakan salah satu amal mulia yang sangat dianjurkan dalam Islam. Menghafal Al- Qur’an menjadi salah satu bentuk penjagaan tersebut yang membutuhkan bukan hanya kemampuan intelektual, tetapi juga kedalaman adab dan akhlak. Salah satu pedoman adab penghafal Al- Qur’an yang banyak dijadikan rujukan adalah kitab al-Tibyān fī Ādāb Ḥamalat Al-Qur’ān karya Imam al-Nawāwī. Meskipun telah banyak dikaji secara teoritis, implementasi adab-adab ini dalam kehidupan nyata, khususnya di lingkungan pesantren, masih menyisakan ruang untuk diteliti lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi dan internalisasi adab Ḥamalat Al- Qur’an di Pondok Pesantren Insan Qur’ani Aceh Besar, serta bagaimana nilai-nilai tersebut mempengaruhi perilaku santri dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adab-adab yang tercantum dalam kitab al- Tibyān telah diimplementasikan secara baik dalam kegiatan belajar mengajar di pesantren tersebut. Santri menunjukkan sikap hormat saat memasuki majlis, menjaga adab dalam berbicara, serta memperlihatkan kesungguhan dan ketawadhuan dalam menerima ilmu. Selain itu, nilai-nilai adab ini telah terinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari santri, tidak hanya dalam interaksi mereka dengan Al-Qur’an, tetapi juga dengan guru dan sesama santri. Hal ini berdampak positif pada pembentukan karakter dan peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Dolly Isma Indra |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 04:08 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 04:08 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44554 |