Peran Kewibawaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik MTsS Lam Ujong Aceh Besar

Farhan Maulana Arli, 210201001 (2025) Peran Kewibawaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kewibawaan Guru dalam Meningkatkan Minat Bellajar Peserta Didik] Text (Membahas tentang Kewibawaan Guru dalam Meningkatkan Minat Bellajar Peserta Didik)
Farhan Maulana Arli (210201001) - PERAN KEWIBAWAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Membahas tentang Kewibawaan Guru dalam Meningkatkan Minat Bellajar Peserta Didik] Text (Membahas tentang Kewibawaan Guru dalam Meningkatkan Minat Bellajar Peserta Didik)
Farhan Maulana Arli (210201001) - PERAN KEWIBAWAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (621kB)

Abstract

Kewibawaan guru merupakan salah satu faktor penting dalam proses pendidikan yang mepengaruhi minat belajar peserta didik. Guru yang berwibawa tidak hanya memiliki kemampuan akademik yang baik, tetapi juga mampu menjadi teladan dalam sikap dan perilaku. Dalam konteks Guru Pendidikan Agama Islam, kewibawaan guru tersebut sangat diperlukan, karena mereka tidak hanya bertindak sebagai pendidik, tetapi juga sebagai model dalam membangun karakter peserta didik sesuai nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam, gambaran minat belajar peserta didik, dan peran kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data diperoleh melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewibawaan guru PAI cukup berperan dalam meningkatkan minat belajar peserta didik MTsS Lam Ujong. Kewibawaan tersebut tercermin dari integritas, keadilan, pengetahuan yang mendalam, serta empati terhadap siswa. Melalui kewibawaan ini, guru mampu membangun motivasi, menumbuhkan kedisiplinan, dan menerapkan metode pengajaran yang menarik. Namun demikian, minat belajar siswa secara umum masih tergolong rendah, yang terlihat dari kurangnya partisipasi aktif dan perhatian dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kewibawaan Guru, Meningkatkan Minat Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farhan Maulana Arli
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:31
Last Modified: 29 Apr 2025 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44566

Actions (login required)

View Item
View Item