Diah Pahmasari Harahap, 210209146 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Gamifikasi Berbantuan Media Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Gamifikasi Berbantuan Media Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DIAAH2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Gamifikasi Berbantuan Media Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DIAAH2 - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1105 Aek Bonban Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatra Utara dengan metode penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas IV yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini di latar belakangi motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1105 Aek Bonban yang mengalami penurunan secara signifikan, dapat dilihat dari seringnya siswa terlambat mengumpulkan tugas, kurang antusias mengikuti pembelajaran, dan rendahnya partisipasi dalam diskusi dikelas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam menggunakan penerapan model pembelajaran Gamifikasi berbantuan media Kahoot pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu; Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 64% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus II mencapai 90% dengan kategori Sangat Tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Gamifikasi berbantuan media Kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1105 Aek Bonban.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Diah Pahmasari Harahap |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:36 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:36 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44585 |