Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN 7 Pidie

Putri Humairah, 210209071 (2025) Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN 7 Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar   Siswa MIN 7 Pidie] Text (Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN 7 Pidie)
Putri Humairah, 210209071 (2025) cover- bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (738kB)
[thumbnail of Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar   Siswa MIN 7 Pidie] Text (Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN 7 Pidie)
Putri Humairah, 210209071 (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh peneliti di MIN 7 Pidie, ditemukan permasalahan terkait hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPAS, yakni rendahnya hasil belajar siswa, Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Akibatnya nilai yang diperoleh siswa rendah dan dibawah KKTP. Rumusan dari penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru pada mata pelajaran IPAS di kelas VA MIN 7 Pidie dengan menggunakan model group investigation? bagaimana aktivitas siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas VA MIN 7 Pidie dengan menggunakan model group investigation? bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas VA MIN 7 Pidie dengan menggunakan model group investigation? Jenis metode penelitian kelas ini melibatkan 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. KKTP yang telah ditetapkan oleh sekolah adalah 70. Aktivitas guru meningkat dari 73,63% (baik) pada siklus I menjadi 90,90% (baik sekali) pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 70% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 91% (baik sekali). Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh 55%, meningkat pada siklus II menjadi 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas VA MIN 7 Pidie.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Humairah
Date Deposited: 29 Apr 2025 09:08
Last Modified: 29 Apr 2025 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44588

Actions (login required)

View Item
View Item