Penerapan Model Artikulasi Berbantuan Media Flash Card Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 57 Banda Aceh

Dina Amelia Putri, 210209036 (2025) Penerapan Model Artikulasi Berbantuan Media Flash Card Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 57 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Artikulasi Berbantuan Media Flash Card Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 57 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Artikulasi Berbantuan Media Flash Card Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 57 Banda Aceh)
revisi skrpsii.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[thumbnail of Penerapan Model Artikulasi Berbantuan Media Flash Card Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 57 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Artikulasi Berbantuan Media Flash Card Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 57 Banda Aceh)
revisi skrpsii - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SDN 57 Banda Aceh, ditemukan permasalahan hasil belajar siswa masih tergolong rendah yang belum mencapai nilai KKTP terkhusus pada pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar dalam penerapan model artikulasi berbantuan media flash card dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 57 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, Subjek dari penelitian siswa kelas IV berjumlah 34 orang siswa. KKTP yang telah ditetapkan adalah 74 dengan ketuntasan klasikal 80%. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh presentase 74,07%, kemudian pada siklus II menjadi 91,11%. Observasi siswa pada siklus I memperoleh presentase 66,66% kemudian pada siklus II menjadi 90,37%. Pada hasil belajar siswa pada siklus I 58,82% kemudian pada siklus II menjadi 85,29%, hal ini sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model artikulasi berbantuan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi bagian-bagian tubuh tumbuhan .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dina Amelia Putri
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:29
Last Modified: 29 Apr 2025 07:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44592

Actions (login required)

View Item
View Item