Peningkatan Kemampaun Menulis Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Think Talk Write (TTW)

Rukhayah Br Angkat, 200209120 (2025) Peningkatan Kemampaun Menulis Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Think Talk Write (TTW). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kemampaun Menulis Siswa Pada  Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Think Talk Write (TTW)] Text (Peningkatan Kemampaun Menulis Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Think Talk Write (TTW))
RUKHAYAH BR ANGKAT - 200209120.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Peningkatan Kemampaun Menulis Siswa Pada  Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Think Talk Write (TTW)] Text (Peningkatan Kemampaun Menulis Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Think Talk Write (TTW))
BAB I - RUKHAYAH BR ANGKAT - 200209120.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (849kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di MIN 8 Aceh Barat Daya, pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, dari 27 siswa terdapat 18 siswa belum mampu memahami materi dengan baik, hal ini dibuktikan dari data observasi belajar siswa masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis aktivitas guru, (2) untuk menganalisis aktivitas siswa, (3) untuk menganalisis peningkatan kemampuan menulis setelah menggunakan model Think Talk Write (TTW) di kelas II MIN 8 Aceh Barat Daya. Metode yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes, teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 64,28% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 85,71% kategori baik sekali. (2) Aktivitas siswa
siklus I memperoleh 64,28% kategori baik, meningkat pada siklus II 82,14% dengan kategori baik sekali.(3) Peningkatan kemampuan menulis siswa siklus I nilai persentase 62,96% dengan kategori baik. Dan siklus II mengalami peningkatan
sebanyak 88,88% dengan kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model think talk write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dikelas II MIN 8 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rukhayah Br Angkat
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:22
Last Modified: 29 Apr 2025 07:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44599

Actions (login required)

View Item
View Item