Penerapan Metode Show and Tell dengan Bantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas V SD Negeri 1 Aree Pidie

Shara Zakirah, 210209069 (2025) Penerapan Metode Show and Tell dengan Bantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas V SD Negeri 1 Aree Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Show and Tell   dengan Bantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas V SD Negeri 1 Aree Pidie] Text (Penerapan Metode Show and Tell dengan Bantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas V SD Negeri 1 Aree Pidie)
Shara Zakirah, 210209069 (2025) cover- bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (709kB)
[thumbnail of Penerapan Metode Show and Tell   dengan Bantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas V SD Negeri 1 Aree Pidie] Text (Penerapan Metode Show and Tell dengan Bantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas V SD Negeri 1 Aree Pidie)
Shara Zakirah, 210209069 (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berbicara merupakan suatu proses berkomunikasi yang didalamnya terdapat suatu pesan. Keterampilan berbicara pada saat proses pembelajaran berlangsung sering ditemukan sebagai permasalahan. Masih banyak siswa kelas V-A SD Negeri 1 Aree memiliki tingkat keterampilan berbiara yang rendah dan belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan metode show and tell dengan bantuan media gambar seri pada peserta didik kelas V-A SD Negeri 1 Aree. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi yang dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 75.70%, pada siklus II menjadi 80%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 92%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 67.14%, pada siklus II menjadi 79%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 88%. (3) Hasil tes keterampilan berbicara siswa pada siklus I 32%, pada siklus II menjadi 68%, dan pada siklus III meningkat menjadi 92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode show and tell dengan bantuan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shara Zakirah
Date Deposited: 29 Apr 2025 09:06
Last Modified: 29 Apr 2025 09:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44605

Actions (login required)

View Item
View Item