HUBUNGAN PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

Nisa Aqila, 210206074 (2025) HUBUNGAN PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH. Hubungan Pengelolaan Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 3 Banda Aceh, 5 (01). pp. 169-176. ISSN e-ISSN: 2809-476X

[thumbnail of Membahas tentang pengelolaan ekstrakurikuler rohani Islam (Rohis) terhadap pembentukan karakter siswa] Text (Membahas tentang pengelolaan ekstrakurikuler rohani Islam (Rohis) terhadap pembentukan karakter siswa)
Ica (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (327kB)

Abstract

Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan yang diimplementasikan dalam intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Salah satu upaya pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler ialah ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS). Namun, efektivitas ekstrakurikuler Rohis tidak akan tercapai tanpa adanya pengelolaan yang optimal. Dengan pengelolaan yang optimal diharapkan dapat berkontribusi dalam proses pembentukan karakter positif dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengelolaan ekstrakurikuler Rohis terhadap pembentukan karakter siswa anggota Rohis di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Metode
kuantitatif dengan pendekatan korelasional digunakan pada sampel 29 siswa di SMA Negeri 3 Banda Aceh melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner pengelolaan ekstrakurikuler dan kuesioner pembentukan karakter siswa. Analisis data menggunakan
korelasi pearson product moment versi SPSS 30. Hasil penelitian ditemukan adanya hubungan positif dan signifikan antara pengelolaan ekstrakurikuler ROHIS terhadap pembentukan karakter siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0.831, signifikan pada taraf sig. α = 0.05. Koefisien determinasi (r2) sebesar 69.1 persen yang menunjukkan bahwa pengelolaan ROHIS berkontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa, sedangkan sisanya 30.9 persen dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nisa Aqila
Date Deposited: 29 Apr 2025 08:28
Last Modified: 29 Apr 2025 08:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44615

Actions (login required)

View Item
View Item